Adalah Scam Pengembangan Pribadi?

Hi ada orang !!
Saya seorang profesional yang bekerja di industri pengembangan pribadi. Selama 18 tahun, saya sudah berpartisipasi dalam semua berbagai disiplin ilmu dari program pengembangan pribadi. Bahkan dengan pengetahuan yang luas ini industri, saya masih bersimpati ketika saya bertemu seseorang di sebuah acara networking yang memutar matanya dan pertanyaan mereka atau mengkritik industri pengembangan pribadi ketika saya memberitahu mereka profesi saya. Saya harus mengakui bahwa saya bisa mengerti mengapa mereka berpikir bahwa industri ini penuh dengan penipuan!


Untuk masyarakat yang tidak curiga ada begitu banyak program yang berbeda di luar sana! Setiap pembicara memiliki rahasia utama untuk hidup untuk berbagi dengan kami. Setiap program rekaman memiliki 12 tombol yang kita butuhkan dalam menguasai sukses. Bagaimana ini mungkin? Hal ini menyebabkan banyak bertanya, tidak mereka semua hanya mengatakan hal yang sama dan membuat jutaan dari itu?

Hari ini, pengembangan pribadi adalah industri jatuh tempo dengan pertumbuhan yang sangat cepat. Ekonom Paul Zane Pilzer mengatakan bahwa "kesehatan" industri akan mencapai $ 1 triliun pada 2010. Sekarang, saya ingin secara pribadi mengajukan pertanyaan sendiri. Adalah scam pengembangan pribadi?

Konsep pengembangan pribadi dipasarkan kepada kita dalam berbagai bentuk. Kami sudah menyebutnya pengembangan profesional. Kami sudah menyebutnya self-help, perbaikan diri dan puncak-kinerja. Kami telah memperluas istilah untuk mencakup begitu banyak. Sekarang industri kesehatan yang mencakup vitamin, energi penyembuhan, dan pencerahan spiritual. Mana itu berakhir?

Ambil pembinaan misalnya. Tampaknya semua orang dan saudara mereka adalah seorang pelatih. Aspek industri mengalami pertumbuhan fenomenal seperti itu menimbulkan pertanyaan, apa yang memenuhi syarat seseorang untuk menjadi pelatih? Teknologi - yang enabler lain dalam industri booming ini. Hal ini sangat mudah bagi siapa saja untuk "mempublikasikan diri" buku dengan biaya yang relatif kecil. Jadi sekarang semua orang adalah seorang penulis potensial. Sekali lagi, apa kualifikasi yang individu benar-benar memiliki dalam membantu orang lain?

Hal ini jelas bahwa tidak ada badan pengawas dalam industri pengembangan pribadi. Hal ini, pada kenyataannya, sangat berbahaya. Pelanggan tidak bisa mengandalkan kualitas produk / jasa yang mereka beli karena tidak ada standar untuk mengukur mereka terhadap. Industri medis memiliki badan pengawas. sistem pendidikan kita memiliki badan pengawas. Pengacara terikat oleh praktek hukum dan CEO & rsquo; s sekarang yang ditawarkan program sertifikasi. Bahkan industri teknologi informasi yang relatif baru memiliki program yang diakui secara universal. Mengapa kemudian tidak pengembangan industri yang berkembang pesat pribadi memiliki cara apapun untuk menjamin kredibilitas sejati pembicara atau pelatih?

Sama seperti ada dokter yang baik dan ada dokter yang buruk, ada speaker yang baik dan speaker buruk. Dan dokter yang berbeda berhubungan dengan orang yang berbeda seperti speaker yang berbeda berhubungan dengan orang yang berbeda. Jadi adalah industri pengembangan pribadi scam? Yah, tidak lebih dari industri lainnya mungkin. Perbedaannya adalah, dengan seorang dokter (misalnya), kita tahu semua pendidikan dan pelatihan yang mereka pergi melalui. Dengan seorang penulis, pembicara, atau pelatih, itu adalah cerita yang berbeda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemeliharaan Mobil Sewa Elf Jogja Diperlukan Untuk Kinerja Hebat

Membuat Bisnis Anda Home Sukses